Berbagi Juga Berbakti

Mungkin Benar

 Tepatnya 8 tahun lalu, dimana aku memilih sebuah langkah yang awalnya memang meragukan. Ya!!! Meragukan, saat itu sebelum perayaan idul fitri usiaku 16 / 17 tahun dimana emosi dan keinginan benar benar tidak stabil bahkan mungkin samapi sekarang, tapi kali ini aku ga bahas soal emosi.

Kejadian saat itu membawaku ke banyak kondisi salah satunya sebuah rasa ingin benar benar pergi dari rumah, sampai tiba saat perayaan hari kemenangan umat islam, ya idul fitri, rasanya seperti tidak ada perayaan yang seperti hakikatnya bagiku setiap berkumpul hanya kebencian yang ada dengan sebab tidak jelas.

Singkatnya ketika masku pulang kampung dan akan kembali ke perantauan aku ikut dan juga adikku, dari dalam hati aku hanya ingin benar benar pergi dari rumah, tibalah perjalanan kami ke Jakarta, saat baru keluar dari perbatasan kota Malang hatiku tersentuh dan mulai mempengaruhi otak untuk berfikir ulang "apa kamu yakin mau meninggalkan ritme dan alur hidup yang sudah kamu lalui selama 17 tahun??? Bukankah kamu nyaman dengan kondisi dekat dengan orang yang benar benar sayang terhadapmu??? Apakah kamu yakin akan meninggalkan kebiasaan yang kamu sukai??? Apakah kamu yakin kamu benar benar teman teman kamu??? Apakah kamu sudah siap untuk jauh dengan orang tua kamu??? Bukankah kamu juga ada kesempatan untuk meraih apa yang kamu mau dengan tidak seperti ini???" ada banyak pertanyaan yang muncul saat itu.

Sedih pasti karena benar benar akan jauh dari orang tua dan jelas meninggalkan kebiasaan yang sudah tertata mungkin cukup rapi. perjalanan menuju Jakarta saat itu benar benar tidak nyaman di setiap kota mengalami kemacetan, entah berapa lama kami habiskan waktu di jalan. saat tiba di Jakarta ada sedikit rasa lega. Waktu itu sudah jam 12 malam masing masing dari kami yang menginap di rumah masku bergantian untuk mandi sembari merapihkan barang barang dari mobil dan rumah, sekalipun lelah dari perjalanan jauh karena belum terbiasa dengan situasi dan udara yang panas saat itu susah untuk memejamkan mata ditambah dengan banyaknya nyamuk. entah jam berapa aku benar benar tidur yang ku ingat pagi itu satu per satu teman masku berpamitan untuk kembali berkativitas.

Singkatnya hari pertama kami masih di arahakan oleh masku untuk membeli makan di mana dan keperluan apa, kebetulan kami tinggal di komplek yang cukup nyaman dan fasilitas memadai. setelah beberapa hari adikku waktunya pulang, di saat itu aku ditanya untuk ikut pulang atau tinggal di Bekasi(sebetulnya Kabupaten Bogor). Rasa bimbang kembali muncul aku mengingat atas dosa dosa yang sudah kulakukan terhadap orang tua, di sisi lain aku ingin belajar untuk tidak bergantung pada keluarga sekalipun sebetulnya di perantauan aku benar benar masih mengandalkan masku sebagai orang tua dan aku memilih untuk tetap tinggal di sini(Bogor). Selang beberapa hari aku diajak berkeliling Jakarta, Bekasi dan sekitarnya sembari masku bekerja. Sampai aku diminta untuk memilih kampus untuk mendaftar kuliah, pada awlanya masku mengarahkan aku untuk berkuliah di sekolah tinggi bahasa asing, aku diminta untuk belajar bahasa Jepang, aku sempat mendatangi beberapa perguruan tinggi bahasa asing di daerah Bekasi.

Akupun menyadari bahwa dalam belajar bahasa bukan keinginanku selain malas menulis aku juga sedikit bicara, setelah beberapa kali diskusi, masku mengajak untuk ke salah satu perguruan tinggi yang cukup terkenal, kami bertanya-tanya seputar perkuliahan dan mengambil brosur, tidak jauh dari kampus yang sebelumnya aku diajak ke kampus yang kedua, pada awalnya aku tidak yakin akan fasilitas dan kualitas kampus ini karena dari tempat parkir cukup kecil mengakibatkan kami parkir kendaraan di pinggir jalan, setelah masuk ke ruang informasi dan menanyakan seputar kampus kami mengambil brosur dan formulir pendaftaran.

2 hari berikutnya aku kembali ke kampus yg kedua, aku memilih kampus ini juga bukan karena sengaja tetapi dikarenakan kampus yang pertama kuota untuk kuliah malam sudah habis, sedangkan aku berpikir untuk kuliah sambil bekerja, setelah tes aku lulus (kupikir ini hanya formalitas), singkatnya aku mulai masuk dan aku benar" dilepas untuk eksplor dan belajar tidak bergantung, diawal kuliah aku masuk kelas pagi, tidak menarik bagiku karena itu sudah menjadi rutinitasku selama 12 tahun sekolah pagi, sampai aku ikut kelas pagi dan malam untuk membandingkan.

Suatu ketika aku dipanggil untuk bekerja di PT.KSB INDONESIA sebelum itu sih aku sempat tes beberapa kali di daerah Jakarta, Cikarang atau Kota Bekasi tapi ga cocok, karena kupikir buat belajar yasudah aku coba di PT.KSB INDONESIA, aku tes dan wawancara bahasa Indonesia dan English, untuk hal ini pasrah aja hahaha, aku sadar bahasa Indonesiaku juga medok apalagi English sampe sekarang juga sama hahaha.

Setelah aku diterima di KSB aku banyak belajar walaupun awalnya berstatus magang, mungkin emang rejekiku atau emang sedang butuh entahlah intinya aku memang belum matang tapi cepat beradaptasi dan belajar, aku di kontrak untuk jadi karyawan aku banyak belajar di sini dan kebetulan atasanku murah ilmu, dari tahun 2014 sampai akhir 2016 aku bekerja disini, dengan alasan English dan aku belum lulus kuliah akhirnya aku berhenti walau sebetulnya ada opsi tawaran yah kupikir waktu itu emang merugikan aku, jadi aku milih berhenti, disini aku juga pertama kenal partner hidup, saat itu dia masih SMK, oiya aku sempat kursus English selama 2 tahun walau seminggu sekali aku sangat semangat, tetap saja Englishku kurang baik sampai sekarang hahaha banyak faktor sih, udahlah ya. 

Dulu pernah di katain aku anak manja sama teman teman yang sekarang mungkin nasibnya lebih baik dari aku :V. MUNGKIN YA HAHAHA

!!Anak emak emaken manja yang kalian omongin!!!

Dahlah apaan si hahaha

Aku sempat kerja di PT.PANDU SIWI SENTOSA selama 7 bulan kerja cukup banyak juga ilmu yang kudapat, saat itu aku lagi banyak kegiatan susah membagi waktu, selain jarak dari rumah yang jauh aku juga kurang puas dengan pendapatan memang sangat tidak sesuai sih hahaha. Yasudah aku bilang ke atasan untuk berhenti saja mau fokus selesaikan kuliah dan kebetulan memang sedang selesaiin skripsi.

Soal skripsi aku akan bahas di tulisan lain, intinya aku lulus dan aku cukup puas dengan apa yang ku capai, setelah aku pulang ke Malang dadakan waktu itu ibu ku sakit, 1 bulan aku di Malang untuk memastikan ibu bapakku benar benar pulih, aku di panggil lagi sama masku untuk kembali ke Jakarta, aku sempat tak ingin kembali ke Jakarta tapi masku memohon ke ortuku untuk mengijinkan aku melanjutkan pembelajaranku di rantau, akhirnya dengan berat hati juga aku berangkat. Pikirku waktu itu juga aku tidak bisa meninggalkan kebiasaanku yang sudah tertata cukup rapi begitu aja, aku punya banyak teman bahkan partnerku disana dan potensi untuk terus berkembang di rantau, pengalaman pertamaku naik kereta api jarak jauh, baru kali itu sih memang naik kereta api hahaha biasanya kan KRL jaraknya juga dekat hahaha.

Setelah aku akan memulai mencari kerja, keluargaku disibukkan kembali dengan urusan rumah tangga yang akan dibangun mbak dan juga masku yah pada saat itu aku berhenti dulu untuk mencari kerja lagi, dan akan tiba hari raya romadhon juga. 7 hari setelah romadhon mbakku menikah aku benar benar bahagia mungkin bukan cuma aku tapi semua keluargku karena itu momen yang kami tunggu", setelah acara nikahan mbakku 2 minggu kemudian masku menikah. Sebagian kecil keluarga besarku datang ke Jakarta. Nanti akan ku tulis kisah kisah mbak dan masku haha

Pada saat itu setelah keluarga kembali ke Malang, tinggalah ibu dan adikku selang beberapa hari kami antar mereka ke bandara, saat itu aku sengaja ga bawa HP. pas sudah pulang kami di daerah rumah sedang belanja tp aku tinggal dimobil saat itu aku masih benci sama situasi 🀣 , setelah selesai belanja mas dan iparku ke mobil dan masku ngomong kamu ga bawa hp? Ada yg nyariin kamu HRD Bernadi Utama, jadi kayak inget dimana itu, jujur aku lupa pernah interview di PT.BERNADI UTAMA hahahaha, karena itu sebelum hari raya bahkan sebelum puasa, emang sih setiap aku tes aku selalu cantumkan nomor masku, hal seperti itu berguna hahaha

Aku kembali ikuti tes di PT.BERNADI UTAMA, awalnya aku maen maen aja karena setiap lihat pt itu kyk gudang ga kerawat dan terlihat kotor kayak mau roboh gedungnya, tapi aku lagi lagi salah sangka hahaha singkatnya aku diterima kerja di PT.BERNADI UTAMA, kata bagian HRD nya juga unik untuk dapetin aku hahahah, aku mulai kerja kenal lingkungan baru, diawal kerja aku sering kali pulang malam untuk mengenal lebih dalam, kebetulan juga sering ada kegiatan untuk maintenance di cabang, beberapa kali aku nginap di kantor, di sini aku banyak belajar juga dan banyak aku terapkan pengalamanku di sini, aku hampir 3 rahun kerja di sini.

Cerita di dalamnya bakal ku tulis juga deh nanti.

Kali ini aku kan bahas soal pilihan untuk tetap merantau hahaha

Yaaaaa aku memilih tetap merantau walau dengan kesedihan ketika lihat orang tua makin terlihat menua sedangkan aku merasa masih belum bisa menjadi diri sendiri itu menyakitkan.

Tapi aku terus belajar untuk tetap bersyukur dan akan terus belajar kebaikan, beruntung aku banyak saudara dan teman yang baik juga, semoga jalan ini menjadi sebagian perjalanan hidupku yang terus menyebar kebahagiaan di manapun aku tinggal, aku juga masih ber keinginan untuk kembali ke Malang di masa mendatang. Semoga aku, orang tuaku dan saudaraku semua diberi umur panjang dan kesehatan agar terus menjadi penggerak kebahagiaan.

Ini sudah tahun ke 8 aku menikmati romadhon jauh dari orang tua dan 3 tahun aku menikmati kesendirian, hidup benar-benar diatas kaki sendiri, bahkan mungkin tahun ke 2 tidak merayakan hari raya kumpul dengan orang tuaku karena ketidakjelasan peraturan.


Banyak yang ingin ku tulis tapi kebanyakan yang muncul dikepala jadi sampai disini saja, tetap sebarkan kebaikan.

#$@€5758







Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Roni Template | Roni Template
Copyright © 2011. Bagus Kholilul Mustajib - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Roni Template
Proudly powered by Coretan ex Mahasiswa Bodoh