Berbagi Juga Berbakti

Aku Punya Pasangan!


Pernah gak sih kalian terlintas untuk bertanya tentang ini ?

Teman atau orang mengunggah foto profil baru. Atau sering berganti foto dan fotonya dengan seseorang.

“Mengapa ada orang memilih foto seperti ini sebagai foto profil?”

Menurut riset dan penelitian, hal itu merupakan psikologi sosial dimana orang tersebut menunjukkan bahwa  “Saya punya pasangan!”.

Orang yang sangat puas dengan atau berkomitmen pada hubungan mereka lebih mungkin untuk mempublikasikan foto profil dengan pasangan atau menunjukkan hubungan mereka di media sosial dengan cara lain. 

Semakin banyak orang tersebut merasakan cinta, dan semakin banyak kecemburuan yang mereka ungkapkan, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk mengumumkan status hubungan mereka secara publik.

Sebagian besar dari mereka menggunakan ini untuk memberi tahu orang bahwa dirinya punya pasangan, agar orang lain yang mungkin tertarik dengan dirinya, mengurungkan niat untuk mengungkapkan perasaan kepadanya atau agar orang tersebut mencari kesempatan ke orang lain dan berhenti berharap.

Orang dalam hubungan dekat sering memasukkan pasangan mereka dalam konsep diri mereka – mereka melihat pasangan mereka sebagai bagian dari diri mereka sendiri. Orang-orang bisa saja menampilkan kemesraan mereka di media sosial karena dengan demikian mereka dapat secara akurat menunjukkan bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri: bahwa mereka terjalin dengan pasangan mereka.

Bukan berarti pula orang yang pasang foto dengan pasangan adalah tipe orang yang tidak percaya diri dan bukan berarti butuh pengakuan pula, melainkan mengantisipasi orang lain untuk mencoba mendekatinya.

Orang yang memiliki tipe keterikatan kecemasan – yang khawatir tentang pasangan mereka menolak atau meninggalkan mereka – jauh lebih mungkin untuk menggunakan foto profil dan mempublikasikan status hubungan.

Sebaliknya, orang-orang yang memiliki tipe keterikatan penghindaran – yang merasa tidak nyaman bergantung pada orang lain dan yang lebih suka mempertahankan kemandirian mereka – cenderung tidak menunjukkan kemesraan mereka dengan cara-cara ini.


Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Roni Template | Roni Template
Copyright © 2011. Bagus Kholilul Mustajib - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Roni Template
Proudly powered by Coretan ex Mahasiswa Bodoh