Berbagi Juga Berbakti

Perbedaan PABX dan IP PBX

IP PBX - Private Automatic Branch eXchange atau PABX adalah sistem telepon konvensional yang kita kenal dengan telepon rumah, atau telepon kabel atau PSTN. Sistem ini sudah banyak tersebar secara luas. Namun di banyak tempat sistem komunikasi konvensioal menggunakan PABX sudah mulai ditinggalkan dan banyak yang beralih ke IP PBX atau VoIP. Mengenai pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) sudah pernah saya singgung sebelumnya, yaitu komunikasi suara melalui internet. Begitu pula pengertian IP PBX adalah Internet Protocol Private Branch eXchange, adalah serupa dengan VoIP, namun umumnya lebih ditekankan pada penggunaan telepon PSTN yang memakai jalur internet dengan menambahkan VoIP gateway pada jaringan teleponnya. Jadi baik VoIP maupun IP PBX adalah sama-sama jalur komunikasi yang menggunakan media internet. Mengapa banyak orang berpindah menggunakan VoIP atau IP PBX? Ulasan singkat perbedaan PBX dan PABX di bawah ini adalah alasan yang berhasil kami ringkas.
Instalasi dan pengelolaan
Dalam penginstalannya IP PBX lebih mudah dilakukan. Tidak seperti pada telepon konvensional penginstallan atau penyambungan telepon harus dilakukan oleh seorang teknisi yang ahli di bidangnya. Namun pada installasi IP PBX, dapat dilakukan oleh siapapun yang mengerti jaringan computer, karena tersedia media antarmuka seperti  pada windows. Dengan seting IP PBX asterisk sebagaimana pada VoIP sistem IP PBX sudah dapat berjalan. Fasilitas antar muka yang user friendly membuat pengelolaannya pun juga lebih mudah. Karena jika terjadi masalah pada jaringan penelusurannya lebih mudah dideteksi.

Hemat
Alasan hemat IP PBX ini selain karena penggunaan telepon jarak jauh dan jarak dekat sudah tidak lagi ada perbedaan karena menggunakan jalur internet. Sehingga hanya dibutuhkan pembayaran untuk internetnya saja. Penghematan biaya percakapan ini bahkan hingga 60%. Selain itu karena jalurnya sudah menggunakan jalur internet, maka penggunaan kabel telepon yang terlalu banyak dapat dihilangkan sehingga mengurangi biaya kabel. Penggunaan IP PBX serta VoIP ini juga dapat menghemat biaya pemakaian fitur tambahan pada penggunaan telepon konvensional.
Praktis
IP PBX lebih praktis karena pengurangan kabel telepon dapat dilakukan. Selain itu jika kita melakukan pemindahan telepon tidak memerlukan proses yang ribet. Hanyak tinggal memindahkan saja tidak perlu melakukan teknis yang rumit. Disamping itu jika kita ingin menambahkan jalur komunikasi baru maka tinggal menambahkan perangkat pendukungnya dan menyambungkannya ke jaringan melalui computer server VoIP.
Selain itu dengan IP PBX anda dapat memberikan identitas pada pelanggan anda. Sehingga pada proses dialing juga lebih cepat karena dapat dilakukan dengan memanggil identitasnya saja. IP PBX server memungkinkan disambung dengan fitur lain seperti voice mail, penggunaan, auto attendant, ring group dan menyiapkan konferensi. Sedangkan dengan PABX fitur-fitur seperti itu biasanya penggunaannya sulit dan biayanya besar. Selain itu sudah tidak diperlukan penyambunang telepon melalui operator karena sudah dapat langsung tersambung. Bahkan sistem VoIP dan IP PBX memungkinkan untuk melihat antrian telepon yang ada dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.
Mengurangi ketergantungan
VoIP dan IP PBX menggunakan jaringan internet untuk akses utamanya, sehingga kita dapat memilih ISP yang bagus. Untuk menjamin kelancarannya disarankan menggunakan yang memiliki bandwidth besar, yang umumnya tersedia pada koneksi internet fiber optik.
Sedangkan kelemahan komunikasi yang menggunakan VoIP atau IP PBX dibandingkan dengan PABX adalah kualitas suara yang kadang kurang bagus. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan bandwidth yang besar. Selain itu telepon analog  (harga IP PBX) yang digunakan sebagai perangkat telepon IP PBX harganya masih relative mahal, namun dalam perkembangannya kemajuan teknologi membuatnya mampu membuat harganya semakin murah.
Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Roni Template | Roni Template
Copyright © 2011. Bagus Kholilul Mustajib - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Roni Template
Proudly powered by Coretan ex Mahasiswa Bodoh