Berbagi Juga Berbakti

Mengenal Asterisk

Assalamualaikum WR. WB. Salam Satu Jiwa

   Di postingan kali ini saya akan berbagi mengenai aplikasi yang sangat bermanfaat bagi kelas mahasiswa bahkan untuk perusahaan perusahaan, tentunya banyak juga perusahaan besar sudah menggunakan jasa aplikasi ini untuk berkomunikasi, baiklah langsung ke pembasahan saja.

        Sebelum masuk ke pembahasan inti perlu di ketahui bahwa Voice over Internet Protocol atau VoIP merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet maupun packet-switched network. Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon,lokal,jarak jauh,mobile phone bahkan nomor internasional, banyak developer yang bersaing untuk teknologi ini salah satunya adalah produk yang sangat terkenal yaitu Asterisk *.

                                https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOUuqf1EKt1MJQsqc6DIuzreLQVSO7x-ke6sjzv-Ojyzlo6M7HX1AR7wbxZ7VKT2MeuvoO0mfB_4ZZt8EkJCOjiRjqB-_TvhTX_HOkroQoGL8SXaqw9T0z3Np4w6kg5I4kw9BHdAZAozhT/s1600/Voip.jpg


    Ya seperti judul kali ini saya bahas Asterisk *; , Menurut Wikipedia dari asterisk adalah bahasa Latin Akhir asteriscus, dari bahasa Yunani Kuno ἀστερίσκος, asteriskos, "bintang kecil" merupakan sebuah glyph atau simbol tipografi. Simbol tersebut disebut bintang karena mengingatkan pada gambar konvensional dari sebuah bintang. Para ilmuwan komputer dan matematikawan seringkali menyebutnya sebagai bintang (bahasa Inggris: star) (contohnya algoritme a-star atau algebra c-star).

Image result for asteriskTetapi bukan soal makna dari asterisk yang diatas yang akan saya bahas melainkan Asterisk *; software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol).
Asterisk adalah software Opensource yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis SIP (SIP phones).
Asterisk jugaa sudah dilengkapi banyak fitur  baik standard yaitu seperti:  Caller ID, Voice Mail, Conference, dan lain-lain. Asterisk diciptakan pada tahun 1999 oleh Mark Spencer dari Digium. Seperti PBX lainnya, dimungkinkan memasang pesawat telepon dan melakukan panggilan ke satu dengan lainnya, termasuk tersambung ke layanan telepon pribadi dan publik, termasuk layanan jaringan telepon umum (PSTN) dan Voice over Internet Protocol (VoIP). Nama Asterisk berasal dari * (tanda bintang). Asterisk dirilis menganut model lisensi ganda, menggunakan GNU/GPL sebagai lisensi perangkat lunak bebas dan lisensi perangkat lunak berpemilik untuk mengizinkan pemegang lisensi untuk mendistribusikan komponen sistem proprietari yang tidak perlu dipublikasikan.


        Awalnya dirancang untuk Linux (salah satu distro: AsteriskNOW), namun Asterisk juga berjalan pada berbagai sistem operasi lainnya, termasuk Ubuntu, Fedora, NetBSD, OpenBSD, FreeBSD, Mac OS X, dan Solaris. Sebuah port untuk Microsoft Windows juga tersedia yang dikenal sebagai AsteriskWin32. Asterisk cukup kecil untuk dijalankan di lingkungan “Embedded Systems” seperti pada peralatan hardware disisi pengguna yang menjalankan OpenWRT. 

      Untuk  SIP (Session Initiation Protocol) sendiri adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang bisa meliputi suara, video, dan text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan pondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna.
Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Roni Template | Roni Template
Copyright © 2011. Bagus Kholilul Mustajib - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Roni Template
Proudly powered by Coretan ex Mahasiswa Bodoh